Bisnis Jaringan dan Simbiosis Mutualisme

Sering halnya ketika kita berbicara mengenai bisnis jaringan atau networking adalah seputar peran Upline dan Downline. Upline akan selalu diatas Downline and nothings gonna change.

Setelah beberapa bulan menyimak dan belajar pada awal saya menekuni bisnis ini, saya pribadi menyimpulkan tentang bisnis Oriflame yang saya jalani saat ini adalah sebagai berikut.

Secara skema bagan posisi akan selalu terlihat sama, antara upline, sponsor dan downline pada level level pertama. Tapi untuk hasil tidak selalu begitu. Kenapa? Karena system disini adalah FAIR PLAY. Kamu kerja, Kamu lah yang dapat Hasil.

 

Sebagai contoh :

Si A adalah Upline / Sponsor si B. dalam perjalanannya si B rekrut banyak banget orang dengan system penjualan yang keras maka poin dapat dan untung jualan juga dapet. Alhasil perolehan Poin grup si A akan melonjak naik karena kerja keras si B.

Si  A seneng banget karena poin naik dan level dia Naik, begitu pula si B sehingga level A dan B adalah sama.

Namun apa yang terjadi pada perolehan hasil bonus yang didapat? Disini skema bagan posisi ambil alih. Karena yang dihitung adalah perolehan level maka perhitungannya adalah selisih level untuk dijadikan patokan pengkalinya.

Ketika level upline dan downline adalah sama. Maka hasil yang di dapat adalah Nol Bulat (ex. 6% – 6% = 0).

Upline (si A) tidak dapat bonus dari perolehan si B. sedangkan Dowline (si B) karena dia kerja dengan semua kaki nya dia dapat bonus ditambah dengan perolehan untung hasil jualannya.

 

Jadi kesempatan terbuka pada siapa saja yang berusaha. Di level apapun anda di posisi apapun anda akan sangat mungkin untuk mengejar posisi paling atas yang di tawar kan. Bukan dari seberapa dulu kita bergabung, namun lebih kepada seberapa keras kita bekerja dan berusaha.

Kalau digambarkan mungkin skema posisi nya akan tampak seperti piramida terbalik atau kebawah.  Akan ada banyak orang yang dapat menempati posisi paling atas, atau posisi tengah dan seterusnya sampai kebawah. Seperti, executive bukan 1 tapi banyak. Begitu pula Diamond, Sapphire, Director dan Manager banyak sekali.

 

Jika ada anggapan bahwa bisnis jaringan atau MLM yang di untungkan adalah Upline (mereka yang ada diatas kita levelnya), maka hal tersebut adalah keliru. Siapapun anda, dimanapun posisi anda, baik menjadi Downline atau Upline seseorang, banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan, diantaranya anda akan mendapatkan selisih dari publish rate ke discount rate, penambahan poin dari penjualan, kenaikan level, dan berbagai macam bonus yang terus berubah dan berganti setiap bulan.

 

Dalam bisnis ini, sesuatu yang anda dapatkan berdasarkan hasil kerja yang anda lakukan, jika kita tidak melakukan apa-apa tentunya kita tidak akan mendapatkan apa-apa. Sehingga jangan pernah kuatir terhadap stigma negatif yang melekat pada bisnis jaringan atau MLM.

Bagi anda yang ingin meraih mimpi, perjalanan gratis ke Luar Negeri, pendapatan tambahan yang terus meningkat setiap bulan dengan model kerja yang sangat fleksibel. Maka tidak ada salah nya untuk mencoba atau setidaknya mencari tahu tentang apa sih bisnis jaringan itu. Karena kesuksesan dan kerja keras yang dicapai berdasarkan kemauan kita sendiri.

 

Selamat berusaha dan belajar. Anda ingin tau silakan hubungi saya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *